beritasurabayaonline.net
Sports

Atlet Pelatnas Ramaikan Bulutangkis Piala Kapolda Jatim 2022

Surabaya – Kejuaraan bulutangkis, Piala Kapolda Jatim 2022. yang akan digelar 11 hingga 17 Juli mendatang di GOR Sudirman dan GOR Suryanaga, Surabaya akan diramaikan oleh deretan nama mantan maupun pemain Pelatnas Indonesia.

Para atlet ternama ini diantaranya, Krishna Adi Nugraha, Enzi Shafira, Sri Fatmawati, Ade Yusuf, Rian Agung Saputro, Brigita Marcelia, Meirisa Cindy, Saili Lin, Gloria Emmanuel Widjaya. Kedatangan pemain-pemain nasional ini, tentunya akan  memberi bobot dan persaingan dari kejuaraan bulu tangkis yang lama tenggelam karena Covid-19 ini.

Tak hanya itu, kejuaraan kedua yang digelar PBSI Jatim tersebut, juga diikuti 180 klub dari seluruh Indonesia atau kurang lebih sebanyak 1.300 atlet seluruh Indonesia.

“Ada 180 klub dan 1.300 atlet bulu tangkis dari Kudus, Kalimantan Selatan, Jakarta  dan Bali yang akan mengikuti kejuaraan ini,” kata Ketua PBSI Jatim Tonny Wahyudi alias Yudi Gendut saat techincal meeting di Surabaya, Minggu (10/7/2022).

Pada kejuaraan Piala Kapolda Jatim ini akan mempertandingkan nomor tunggal dan ganda. Untuk nomor tunggal, mempertandingkan kelompok usia muda, minimal kelahiran 2014, hingga dewasa.

Sedangkan untuk nomor ganda, melombakan kelompok usia anak yaitu minimal kelahiran 2010, hingga veteran dengan usia 40 tahun hingga 90 tahun.

“Pada kejuaraan ini, kami ingin benar-benar mengakomodir semua atlet yang ada, juga mantan atlet,” ujar Yudi Gendut, sapaan akrabnya.

Kejuaraan ini, memperbutkan total hadiah Rp 168 juta. Hadiah akan diberikan kepada juara, runner-up, serta pemenang tiga bersama.

Dijelaskanya, saat ini PBSI memang fokus untuk membina atlet-atlet muda. diharapkan, dengan makin banyaknya kompetisi internal, maka jam terbang atlet-atlet Jatim makin tinggi. Salah satunya lewat Piala Kapolda Jatim ini.

“Pondasi dari sebuah prestasi tentu saja pembinaan dan kejuaraan. Pembinaan yang bagus harus diiringi dengan kompetisi rutin dan berjenjang. Sehingga atlet-atlet kita ini, memiliki wadah untuk mengukur kemampuan serta hasil latihannya selama ini,” paparnya.

Yudi Gendut melanjutkan pada final yang digelar tanggal 17 Juli nantinya akan menyuguhkan pertandingan menarik untuk atlet yang bertanding maupun masyarakat yang menonton.

“Akan ada exhibition pertandingan atlet nasional yakni Markus Feraldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo atau The Minnions. Tak kalah penting, Sekjen PP PBSI Irjen Pol Fadil Imran juga akan melakukan exhibition juga ada coaching clinic dari atlet-atlet bulu tangkis nasional,” tandasnya.

Mengenai harga tiket, ia menegaskan Piala Kapolda Jawa Timur 2022 gratis untuk masyarakat seluruh Indonesia. Pada final kejuaraan, masyarakat hanya perlu membeli produk dari sponsor senilai Rp 20 ribu untuk bisa masuk menyaksikan final dan exhibition pertandingan atlet nasional.  (bro)

Berita Terkait