beritasurabayaonline.net
Sospol

Beasiswa PIP Puti Guntur Soekarno di Mulyorejo, PDIP Surabaya : Sangat Membantu Pelajar

Surabaya – Kalangan orangtua wali murid mayoritas ibu-ibu antusias mengikuti sosialisasi beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di kawasan perkampungan Kejawan Putih Tambak, Mulyorejo, (02/08/2022). Selasa malam kemarin.

Kegiatan itu digelar kader-kader PDI Perjuangan Kota Surabaya, yang menyalurkan beasiswa PIP melalui jalur aspirasi Puti Guntur Soekarno, anggota DPR RI Komisi X.

“Pada Pemilu 2019, Ibu Puti Guntur Soekarno berangkat menjadi anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Dapil Surabaya-Sidoarjo,” terang Hamid, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Mulyorejo.

Agus Basuki, Wakil Ketua PAC PDI Perjuangan Mulyorejo menambahkan, selama ini Puti Guntur Soekarno menaruh perhatian terhadap terpenuhinya hak-hak pendidikan para pelajar Kota Surabaya.

“PDI Perjuangan menaruh perhatian terhadap keberhasilan pendidikan generasi muda kita para pelajar, kaum milenial,” kata Agus Basuki.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, menerangkan beasiswa PIP adalah program pemerintahan Presiden Jokowi, yang dikelola Kementerian Pendidikan Nasional.

“Melalui jalur aspirasi anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi PDI Perjuangan, Ibu Puti Guntur Soekarno, ribuan orangtua wali murid di Kota Surabaya berhasil diperjuangkan mendapatkan beasiswa PIP,” kata Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Beasiswa PIP untuk siswa jenjang SD mendapatkan Rp 450 ribu per tahun. Kemudian SMP Rp 750 per tahun. Dan, jenjang SMA/SMK Rp 1 juta.

“Dana ini akan ditransfer ke rekening simpanan pelajar. Dan, pesan dari PDI Perjuangan, pesan Ibu Puti Guntur Soekarno: manfaatkan dana ini hanya untuk menunjang keperluan pendidikan putra-putri panjenengan semua. Bukan untuk keperluan yang lain,” kata Achmad Hidayat, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Aliyudin, Tenaga Ahli Puti Guntur Soekarno, mengatakan tahun ini pihaknya menyalurkan ribuan penerima manfaat beasiswa PIP, terutama mayoritas para pelajar Surabaya warga perkampungan.

“Terutama kalangan wong cilik, atau warga yang tidak mampu, atau ekonominya pas-pasan, sehingga beasiswa PIP sangat bermanfaat untuk meringankan beban pengeluaran keluarga,” kata Aliyudin.

Dhika, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Mulyorejo, yang termasuk pengurus kaum muda, mengatakan beasiswa PIP sangat membantu keperluan pendidikan kaum pelajar.

“Terlebih hari-hari ini merupakan tahun ajaran baru. Pasti pengeluaran orangtua akan mengalami peningkatan. Semoga lahir anak-anak muda yang menjadi generasi hebat, dan unggul, yang kelak di masa depan akan menerima tongkat estafet dari generasi yang sekarang,” kata Dhika.  (*)

Berita Terkait

Leave a Comment