beritasurabayaonline.net
Sospol

Komisi C Akan Kawal dan Pantau Tempat yang Dijadikan Kantong Parkir disekitaran Alun Alun Surabaya

Surabaya – Komisi C DPRD Kota Surabaya menggelar rapat dengar pendapat terkait pengaturan parkir disekitaran alun alun surabaya jln Yos Sudarso.

Rapat mengundang Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan olahraga dan Pariwisata juga Dinas Koperasi usaha kecil dan menengah dan perdagangan.

Wakil Ketua Komisi C Aning Rahmawati mengaku melihat betapa projectnya di saat hari libur tertentu yang luar biasa seperti pada 1 atau 2 januari 2022 kemarin.

“Kita komisi C memutuskan memanggil Dinas terkait (Perhubungan red) untuk penataan mengantisipasi baik itu jurus jurus yang ada,” ujar Aning Rahmawati Selasa (04/01/2022) usai rapat

Yang terpenting, menurut Politosi PKS ini untuk meningkatkan PAD sekaligus juga mengakomodir keinginan dari warga kota surabaya khususnya UMKM, PKL yang ada disekitar Alun Alun.

“Karena Alun Alun (Surabaya red) ini akan menjadi pusat pariwisata di kota surabaya karena diposisinya sangat strategis,” ungkap Aning Rahmwati.

Sehingga, kata ia, Komisi C meminta ada retribusi pendapatan masuk dari parkir tepi jalan umum yang semula tidak ada

“Tadinya dari pihak Dishub rencananya tidak masuk parkir tepi jalan umum tapi di tempatkan diarea terdekat, Lah itu kita sarankan ke tempat parkir jalan umum (PJU),” kata Aning Rahmawati sapaan akrab Aning

PJU di Perda 8 / 2012 itu, kata ia, ada tanpa SK Wali Kota yaitu pemasukan dari parkir PJU insidentil

“Parkir PJU insidentil ini ada di beberapa lokasi yang sudah ditentukan oleh Dinas Perhubungan,” kata Aning

Diantaranya, Ia mencontohkan, seperti di sekitaran SWK, Sedap Malam, dan juga di Grahadi dan ketiganya akan dipantau dan dikawal.

“Kita akan pantau dan kita akan kawal,” tegas Aning

Karena, menurut ia, di rana komisi C soal pendapatan parkir dari tiga wilayah yang ada disekitaran Alun Alun dan komisi C akan menggarap

“Kiita akan garap pendapatan parkir insidentil dari PJU ini bisa menambah PAD Kota Surabaya, karena ternyata antusias masyarakat sangat luar biasa,” kata Aning

Kabid Lalu lintas Dinas Perhubungan Kota Surabaya Susandy S Mawan mengatakan alun alun suroboyo dirasa sedang viral

“Kita berusaha mengoptimalkan kantong katong parkir yang ada dan terdekat,” ujar Susandy S Mawan.

Karena, menurut ia, memang semua itu tidak mungkin tertampung di depan balai kota

“Jadi kita ada di SWK, Taman Prestasi dan juga kantong parkir di taman apsari,” terang Susandy

Kendati demiikian, pihaknya akan mencoba untuk mengoptimalkan walaupun itu memang berjalan.

“Tetapi trotoarnya sudah bagus itu kita¬† coba yang ada disedap malam taman surya karena untuk dibutuhkan kantong parkirnya,” pungkas Susandy. (irw)

Baca juga