beritasurabayaonline.net
Sospol

Penyusunan Tatib, Fraksi Demokrat Soroti Soal Banggar dan Waktu Untuk Masyarakat

Surabaya – Pimpinan sementara bersama pimpinan fraksi dan sekretariat DPRD Surabaya menggelar rapat.

Rapat membahas penyusunan tata tertib (Tatib) DPRD Surabaya periode 2019 – 2024 ini mendapat tanggapan dari salah satu fraksi.

“Rapat tadi memberikan masukan yang terbaik, ini draff lama 2018 yang saya bawa,” ujar Mochamad Machmud Wakil Ketua Fraksi Demokrat, selasa (03/09/2019) siang.

Ia mengatakan, besok akan di diskusikan lagi bersama seluruh anggota fraksi membahas pasal demi pasal yang ada disini (Tatib DPRD Lama 2018)

“Saya kira sekilas tidak ada yang prinsip asal kita semua itu mau menerapkan sesuai peraturan pemerintah yang mengatur tatib,” katanya.

Dalam rapat tadi, Ia menjelaskan, masih tentang pembahasan strategi sambil membaca draff tatib yang lama lalu besok rapat lagi pasal pasal mana saja yang perlu dirubah.

“Menurut saya perlu ada yang disempurnakan dan ini memang sudah ada di tatib lama 2018 yaitu anggota banggar separuh separuh 25 – 25 idealnya seperti itu,” paparnya.

Lanjut, ia mengatakan, kemarin pemerintah provinsi pada waktu pembahasan tatib mengembalikan seperti itu mestinya separuh separuh.

“Sekarang eranya sudah baru maka kita ikuti perkembangan yang terkini kinerja atau tatibnya ini,” katanya.

Dalam penyusun tatib ini, pihaknya menegaakan, bagaimana kita bisa memberikan akses ke masyarakat dalam hal mengadu dan ketemu dengan DPRD lebih cepat serta bagaimana DPRD banyak waktu untuk masyarakat.

“Disini (draff Tatib lama) nanti bisa diatur dan dibaca pasal demi pasal, lalu besok di floorkan apa pendapat dari masing masing fraksi,” pungkasnya. (irw)

Baca juga