beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Bunda Paud Gelar Pawai, Anak Usia Dini Antusias dalam Pelestarian Budaya

Surabaya – Bunda PAUD se-kelurahan Kedurus menggelar pawai budaya pada Sabtu (12/11/2022) pagi dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 november.

Acara tersebut dimulai pukul 06.30 WIB dengan arak-arakan kirab berangkat dari Bundaran Gunung Sari Indah Surabaya

Salah satu Bunda PAUD, Luluk mengatakan pawai budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak usia dini bahwa kebudayaan Indonesia  sangatlah beragam.

“Pengenalan ini ditunjukkan dengan mengajarkan mereka tari jaranan dan tari selamat datang,” ujarnya saat ditemui wartawan.

Di dalam acara ini, Luluk menjelaskan, Euforia semangat pahlawan terlihat pada jalanan yang dipadati peserta  membawakan tari jaranan secara massal meski di tengah terik matahari.

“Kemeriahan bukan hanya ditunjukkan oleh bunda-bunda PPT, anak didik dan orang  tua,” terangnya.

Selain itu, Luluk menambahkan, dihadiri  juga oleh Camat, Lurah beserta istrinya, dan PKK terlihat antusias memeriahkan

“Dan juga anggota komisi D DPRD kota Surabaya terlihat hadir memeriahkan,” “katanya.

Salah satu wali murid Narni mengatakan pawai budaya ini sangat dibutuhkan bagi anak usia dini.

“Karena daya ingat anak yang luar bisa dan cepat menyerap apapun yang dilihat,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Surabaya Siti Mariyam menyampaikan pentingnya diselenggarakan acara ini guna untuk mengenalkan budaya bangsa kepada anak mulai dari usia dini.

“Daya ingat anak saat usia dini ini memiliki kekuatan mengingat yang luar biasa dan cepat untuk menyerap apapun yang ia lihat,” ujar Siti Mariyam dalam sambutannya.

Sehingga hal itu, kata legislator PDIP ini, cocok untuk digunakan sebagai sarana pengenalan budaya Indonesia ke anak anak dengan konsep yang menyenangkan.

Menurut Siti Mariyam, pihaknya sebagai anggota DPRD yang juga terlibat dalam progam kerja cagar budaya mengaku senang juga.

“saya merasa senang karena anak se usia dini sudah dikenalkan dan diajari mengenai budaya Indonesia, salah satunya dengan tarian jaranan ini,” pungkasnya. (nis)

Baca juga