beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Kartar Budi Utomo Gelar Seminar Bahaya Narkoba – HIV AIDS

Nara Sumber : Pencegahan Narkoba Dan HIV AIDS Bisa Dicegah Sejak Dini.

foto kartar budi utomo kelurahan pacar kembang gelar seminar bahaya narkoba dan hiv aids
foto kartar budi utomo kelurahan pacar kembang gelar seminar bahaya narkoba dan hiv aids

Surabaya – BSO – Penyalahgunaan pengguna bahaya narkoba dikalangan para remaja yang bisa mengakibatkan dampak buruk terindivikasi penularan virus HIV AIDS bisa diatasi sejak usia dini hal ini disampaikan oleh nara sumber Mila Machmudah Djamhari ketua Drugs Free Community di acara seminar narkoba dan HIV AIDS

Acara seminar yang digelar oleh pemuda karang taruna Budi Utomo Kelurahan Pacar Kembang Kecamatan Tambak Sari Surabaya ini, Mila menyampaikan perkembangan penyalahgunaan pengguna narkoba bisa berdampak buruk penularan HIV AIDS dan pesan disampaikan kepada para pemuda karang taruna ketika masuk ke jenjang pernikahan.

“Ketika para remaja ini memasuki jenjang pernikahan harus lebih dulu menjalani rehab atau pemeriksaan tes kesehatan terhadap pasangannya,” Katanya.

Mila menjelaskan, Dalam rehab atau pemeriksaan tes kesehatan apakah ada salah satu pasangan terindifikasi virus HIV ADIS atau virus hepatitis B-C, agar supaya tidak menular pada sang bayi yang akan dilahirkan karena ini sangat penting sekali untuk melakukan pencegahan dimuiai sejak dini.

”Penting sekali pencegahan penularan penyakit virus HIV AIDS dan Hepatitis B – C bisa dimulai sejak usia dini,” Jelasnya. Minggu (05/03/2017) pagi hari.

foto kartar budi utomo kelurahan pacar kembang gelar seminar bahaya narkoba dan hiv aids
foto kartar budi utomo kelurahan pacar kembang gelar seminar bahaya narkoba dan hiv aids

Perkembangan penderita HIV AIDS dari tahun ke tahun, Menurut Mila mengungkapkan, Dari tahun ke tahun kemungkinan bisa bertambah namun pada tahun 2005 – 2010 lalu penderita HIV AIDS di dominasi pencandu narkoba terutama dari jarum suntik tetapi tahun 2010 keatas yakni ibu-ibu rumah tangga yang akan mau melahirkan bayi baru.

“Karena mereka (ibu rumah tangga) kebanyakan tidak tahu bahwa apakah dirinya terindifikasi HIV AIDS atau tidak sehingga ini bisa berdampak pada sang bayinya,” Ungkapnya pengalaman saat mendampingi pasien HIV AIDS di rumah sakit Dr Soetomo.

Selain pemaparan HIV AIDS, Nara sumber juga mengungkapkan, Perkembangan kenakalan remaja akibat penyalahgunaan narkoba boleh dibilang mengkwatirkan ini akibat maraknya peredaran narkoba jenis pil koplo yang dijual bebas di tempat diskotik hiburan malam yang lagi marak bermuculan.

“Karena kebanyakan tempat diskotik ini masih kurang mengerti tentang aturan siapa yang diperbolehkan masuk ke tempat diskotik,” Ungkapnya.

Seminar Narkoba dan HIV AIDS dihadiri oleh Musdar SE. MM Lurah Pacar Kembang Surabaya juga menyampaikan kepada pemuda karang taruna ini yang intinya bisa memahami tentang penyalahgunaan bahaya pengguna narkoba yang bisa berdampak buruk penularan penyakit virus HIV AIDS.

“Berharap intinya setelah acara seminar ini pemuda karang taruna bisa lebih memafami tentang bahaya narkoba dan HIV AIDS,” Ujarnya. ditemui wartawan usai acara seminar.

Dalam acara seminar Narkoba dan HIV AIDS yang diadakan di jalan Pacar Kembang Gang IX ini Ketua panitia seminar menegaskan, Acara seminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang penyalahgunaan bahaya pengguna narkoba yang bisa generasi muda dan berdampak buruk terhadap penularan virus HIV AIDS.

“Karena narkoba ini sangat berbahaya sekali bisa merusak generasi muda, maka dari itu mari kita cegah narkoba di lingkungan kita terutama di RW VII Kelurahan Pacar Kembang,” Tegasnya Sugeng yang juga ketua Karang Taruna Kelurahan Pacar Kembang Surabaya.

Sementara itu, Di acara seminar sekaligus sosialisasi pencegahan tentang penyalahgunaan bahaya pengguna narkoba dan HIV AIDS bisa dicegah mulai sejak dini ini dihadiri salah satu mantan pengguna narkoba menceritakan pengalamannya ketergantungan mengkomsumsi narkoba sehingga dirinya menjalani perawatan di rumah sakit dan pulih kembali. (irw)

Baca juga