beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Tunjungan Plaza 5 terbakar, Wali kota : Api diduga bermula dari tempat makan lantai 5.

Surabaya – Tunjungan Plaza 5 terbakar hebat pada Rabu malam (13/04/2022). Kebakaran ini membuat panik pengunjung dan para karyawan. Mereka segera dievakuasi keluar dari plaza.

Sedikitnya 2 mobil Bronto Skylift, dan puluhan mobil pemadam kebakaran dikerahkan Dinas Kebakaran Pemkot Surabaya untuk memadamkan api. Selang sekitar 1 jam api berhasil dipadamkan dan dilakukan pembasahan.

Mengetahui peristiwa kebakaran tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau lokasi. Bersama Kepala Dinas dan petugas Pemadam Kebakaran, Eri Cahyadi masuk ke plaza.

Setelah keluar, Eri Cahyadi menjelaskan, peristiwa kebakaran ini diduga berasal dari tempat makan lantai 5. Kemudian merambat ke lantai 12 melalui saluran pembuangan.

“Saat saya masuk kedalam Tunjungan Plaza 5, bahwa asap pekat ada di lantai 4 dan lantai 5. Diduga memang api bermula dari salah satu tempat makan,” tambahnya.

Eri Cahyadi menambahkan, Dinas Kebakaran mengerahkan 2 mobil PMK Bronto yang mempunyai ketinggian 45 meter dan 52 meter.

“Kita tembak untuk pemadaman di setiap shaft. Lantai 12, 11, 10, 9, 8 kita tembak terus dengan naik dari luar. Kita kerahkan juga petugas PMK masuk kedalam. Kita kesulitan mencari titik api. Setelah berkoordinasi dengan pihak manajemen. Setelah diberitahu kita lakukan pengamanan di setiap shaft” jelasnya.

Eri Cahyadi menambahkan sampai saat ini belum ditemukan adanya korban. Karena penanganan yang sangat cepat.

“Manajemen segera mengevakuasi pengunjung. Kemudian security baru keluar. Sehingga tertata betul penanganannya. Tadi kita juga mencari setiap lantai, alhamdullilah tidak ada korban disana,” ujarnya.

Lebih lanjut Eri Cahyadi mengatakan, dampak kebakaran tersebut hari di area mall. Tidak merambat ke area hotel dan sekitarnya. (irw/lam)

Berita Terkait