beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Antisipasi Ancaman Bencana Hidrometereologi, Human Initiative Jatim Gelar Apel Siaga

Surabaya – Human Initiative Jawa Timur menggelar apel siaga dalam kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana Hidometeorologi.

“Hari ini kami secara nasional melakukan apel siaga bencana hidrometeorologi,” ujar Deny Ferdyansyah Kepala Bidang Operation Human Initiative Cabang Jawa Timur. Rabu (08/01/2019) pagi.

Apel siaga ini, ia mengatakan untuk antisipasi bencana hidrometeorologi yang ada di indonesia.

“Untuk di jawa timur kami melakukan apel siaga lalu dilanjutkan dengan human intitalk menghadirkan dari pihak BMKG, ” katanya.

BMKG ini, kata ia, untuk memberikan penjelasan terkait dengan situasi kondisi perkiraan cuaca khususnya di jawa timur.

“Juga BPBD Jawa Timur dalam upaya upaya mitigasinya seperti apa yang sudah dilakukan,” ungkapnya.

Untuk itu, ia menjelaskan, juga menguatkan dari sisi akademisi, dan pihaknya mengundang nara sumber Dr. Ir. Amien Widodo Pakar Kebencanaan ITS.

“Apakah dari sisi akademisi sudah punya riset atau pengembangan supaya bisa antisipasi bencana hidrometeorelogi ini,” paparnya.

Kesiapan secara detail, pihaknya sudah menyiapkan logistik dan peralatan terkait dengan kebencanaan dan juga menyiapkan SDM koordinator relawan di 38 kabupaten / kota di jawa timur.

“Untuk logistik dan peralatan itu nanti kita suportnya dari cabang Human Initiative di surabaya,” pungkasnya.

Sementara itu, usai apel siaga Human Initiative Jawa timur merupakan lembaga kemanusian ini juga menggelar initalk mengundang naras sumber dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BMKG. (irw)

Baca juga