beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Warga Bulak Banteng Kidul Gelar Haul Mbah Buyut Demang – Kasan

haul mbah buyut Demang dan kasan www.beritasurabayaonline.com-Ratusan warga menggelar acara Haul mengenang Mbah Buyut bernama Demang dan Kasan seorang tokoh masyarakat yang disegani dan dinilai sangat Keramat oleh warga Bulak Banteng Kidul Surabaya pada setiap kamis malam jumat manis (Legi)

Ketua panitia Haul Munir Safi”i mengatakan, Acara haul ini diadakan tiap tahun sekali tepatnya dibulan jumadil akhir pada hari kamis malam jumat legi mulai sejak dahulu kita adakan seperti sedekah bumi namun kali ini di isi dengan acara pengajian dan doa bersama.

“Mudah mudahan dalam doa bersama ini, warga di sini diberikan kesehatan, keselamatan dan terhindar bahaya bencana,” Katanya saat ditemui usai acara haul Kamis (31/03/2016) malam hari.

Tokoh Masyarakat Moch Mocthar menjelaskan Kegiatan haul ini rutin diadakan tiap tahun pada hari kamis malam jumat legi sejak zaman dulu hingga sekarang secara turun menurun diadakan oleh warga bulak banteng kidul surabaya untuk doa bersama mengenang mbah buyut Demang dan Kasan.

“Sebelum kampung ini dihuni oleh warga kedua nya nenjadi tokoh atau leluhur yang pertama kali menginjakan kakinya dikampung ini,” Jelasnya.

Menurut Ketua RW VI ini menjelaskan, Dalam sejarah mbah buyut Demang dan Kasan dikenal sebagai tokoh leluhur menjadi panutan warga bulak banteng kidul yang mana keduanya merupakan tokoh sejarah di kampung dan kita tidak boleh melupakan begitu saja.

“Tentunya kita harus menghormati dan menghargai seorang tokoh masyarakat seperti beliau, inipun nantinya saya ajarkan pada keluarga saya sendiri,” Jelas Moch Mocthar.

Semntara itu, Dalam acara haul dan doa bersama diisi dengan acara tauziah oleh KH RPA Mujahid Ansori untuk mengenang leluhur mbah buyut Demang dan Kasan yang menjadi tokoh panutan yang dihormati warga masyarakat di kampung bulak banteng kidul surabaya yang dianggap keramat merupakan sejarah adanya kampung bulak banteng kidul surabaya ini. (irw)

Baca juga