beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Warga Donowati Kelurahan Sukomanunggal Surabaya Gelar Sedekah Bumi

Surabaya – Warga RW 1 Donowati Kelurahan Sukomanunggal Surabaya menggelar acara tradisi tahunan yakni sedekah bumi atau keselamatan desa di sejumlah titik. Minggu (05/07/2020) siang.

Antara lain di setiap rumah warga, Pesarean (Punden kulon) dan di depan halaman Masjid Al Hidayah ini, namun acara ini berbeda dari sebelumnya, karena mengingat masih ditengah situasi pandemi Covid-19.

“Acara sedekah bumi atau selamatan desa ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan kepada kita,” ujar Hermawan Ketua RW 1 Donowati Kelurahan Sukomanunggal Surabaya.

Selain itu, kata Hermawan, sekaligus untuk menghormati leluhur budaya serta mempersatukan warga dari berbagai warna sehingga warga bisa melaksanakan doa dan tasyakuran bersama.

“Initinya kita bersyukur sehingga acara sedekah bumi atau selamatan desa ini bisa dilestarikan dan dilaksanakan terus menerus,” katanya.

Ketua Panita sedekah bumi atau selamatan desa Yofi Arfandy menambahkan, acara ini berbeda pada tahun sebelumnya sehubungan masih ditengah situasi pandemi covid-19.

“Tahun ini diadakan di rumah warga masing masing tetapi di pesarean atau punden tetap dilaksanakan,” kata Yofi.

Kegiatan acara sedekah bumi atau selamatan desa dirangkai dengan doa bersama dipimpin oleh tokoh agama setempat ini, mendapat apreasi dari kelurahan Sukomanunggal Surabaya.

“Saya mengapreasi sekali sekaligus angkat jempol,” ujar Yayuk Herwati Lurah Sukomanunggal Surabaya.

Menurut Yayuk yang baru menjabat Lurah Sukomanunggal ini, bahwa warga RW 1 Donowati kelurahan sukomanunggal di kota metropolis era milenial ini masih mengagungkan uri uri budoyo jowo.

“Artinya warga disini tepo selironya masih tinggi bisa menghomati leluhurnya dan warga tidak lupa bahwa disini ada leluhur yang lebih dulu membangun kampung ini,” pungkas Yayuk.

Sementara itu, acara sedekah bumi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini, diharapkan warga RW 1 Donowati Kelurahan Sukomanunggal Surabaya rukun, tentram dan damai juga sehat selalu agar supaya terhindar dari wabah covid-19 ini. (irw)

Baca juga